umpan mancing

ikan toman

ikan toman adalah salah satu ikan predator air tawar dari keluarga snakehead dan keluarga ikan gabus (channidae). ikan toman sendiri memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ikan gabus,  ikan tersebut dapat tumbuh besar mencapai panjang lebih dari 1 meter dan ikan toman tersebut menjadi spesies terbesar dari sukunya.
ikan toman
Add caption


ikan toman sendiri dalam bahasa inggris sering di sebut dengan red snakehead ataupun redline snakehead karena pada ikan toman muda warna tubuhnya memiliki garis merah. snakehead sendiri disebut karena kepala ikan toman menyerupai kepala ular.  untuk ikan toman sendiri memiliki nama ilmiah adalah chana micropeltes.

ikan toman di kenal buas dan agresif jika sedang mengasuh anak-anaknya. karena ikan toman tidak segan segan menyerang jika anak yang di asuhnya terancam bahaya.  makanya pemancing menyukai ikan ini karena ikan ini agresif.
ikan gabus sendiri memiliki tarikan yang kuat, dan memiliki tenaga yang hebat. menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pemancing freshwater. ikan toman biasa di pancing menggunakan anak kodok hidup, atau bisa juga di casting menggunakan soft frog atau pun minow yang menyerupai ikan kecil yang berenang.
ikan toman
Add caption


ikan toman sendiri menyebar luar di indonesia seperti di daerah sumatra, kalimantan, jawa, malaysia, thailand, laos, vietnam, india, dan myanmar.

ikan toman akhir-akhir ini sering di jadikan anekan makanan karena tekstur daging yang tidak bersisik, putih lembut dan bergizi tinggi. ikan toman sering di buat masakan ikan goreng, ikan bakar, bahkan ikan asinan yang sering di export ke pulau jawa sebagai ikan gabus asin.

No comments:

terpopuler

pengunjung